HAJI WADA’ (Bagian 2)

Setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam selesai berkhutbah, turunlah firman Allah Ta'ala:

} اليوم أكملت لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتى ورضيت لكم الاسلام دينا{
“Pada hari ini telah kusempurnakan bagi kalian agama kalian dan telah kucukupkan kepada kalian nikmat-Ku dan telah kuridhai Islam jadi agama kalian.”(al-Maidah)
Umar bin al-Khathab radhiyallahu 'anhu menangis ketika mendengar ayat ini, kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertanya kepadanya:”Apa yang menyebabkan engkau menangis.?” Dia menjawab:”Sesungguhnya setelah kesempurnaan itu hanya ada kekurangan.

Setelah khutbah itu, Bilal mengumandangkan adzan dan iqamah sedangkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjadi imam mereka dalam sahalat Zhuhur, kemudian Bilal beriqamat lagi untuk shalat Ashar, dan tidak ada shalat di antara kedua shalat itu. Kemudian Beliau menunggangi al-Qashwa (untanya) hingga sampai ditempat wuquf dan di sana al-Qashwa menderum hingga perutnya menempel ke pasir. Beliau tetap berada di atas untanya hingga matahari terbenam. Keremangan senja lambat laun menghilang.Setelah itu beliau pun membonceng Usamah radhiyallahu 'anhu melanjutkan perjalanan ke Muzdalifah. Beliau shalat Maghrib dan ‘Isya di sana dengan satu adzan dan dua iqamat, tanpa ada shalat sunnah di antara keduanya. Kemudian istirahat sampai fajar menyingsing, kemudian shalat shubuh setelah jelas datang waktu shubuh. Setelah itu beliau menunggangi al-Qashwa ke Masy’aril Haram. Dengan menghadap kiblat beliau berdo’a, bertakbir, bertahlil dan meng-Esakan Allah. Beliau terus berdiri sampai benar-benar terang.
Sebelum matahari terbit beliau bertolak dari Muzdalifah ke Mina, sambil membonceng al-Fadhl bin Abbas radhiyallahu 'anhuma hingga sampai di muhassir, lalu bergerak maju sedikit, lalu menempuh jalan tengah yang keluar menuju tempat Jumrah al-Kubra (Aqabah) yang ada di dekat sebuah pohon pada masa itu, yang disebut Jumrah Aqabah atau Jumrah pertama. Kemudia beliau melaemparnya (jumrah) dengan tujuh butir kerikil, sambil bertakbir setiap kali lemparan. Kemudian beliau beranjak ke tempat penyembelihan hewan qurban dan menyembelih 63 onta dengan tangan beliau sendiri, kemudian beliau menyerahkan kepada Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu untuk menyembelih 37 ekor unta , hingga semuanya genap 100 ekor unta. Beliau memrintahkan untuk mengambil sebagian daging dari masing-masing unta, lalu dimasak dan beliau memakan daging serta meminum kuahnya.
Dengan menunggang al-Qashwa beliau menuju Ka’bah untuk thawaf ifadhah. Belia shalat Zhuhur di Mekah dan mendatangi Bani Abdul Muththalib yang sedang meberi minum air Zam-zam (kepada jama’ah haji), sambil bersabda: “Tariklah wahai Bani Abdul Muththalib! Kalau saja tidak ada orang yang akan menguasai pemberian minum tersebut atas kalian, niscaya aku menariknya bersama kalian.”Lalou mereka memberikan seember air kepada beliau dan beliaupun meminumnya (HR.Muslim)
Pada hari qurban atau tanggal 10 dzulhijjah waktu Dhuha (hari mulai siang) beliau berpidato dari di atas punggung bighal (keturunan dari keledai dan kuda) berwarna kelabu, sedangkan Ali radhiyallahu 'anhu menjadi penyambung lidahnya dan para jamaah saat itu ada yang berdiri dan ada pula yang duduk .(HR.Abu Dawud). Beliau menyampaikan kembali apa yang pernah beliau sampaikan kemarin.
Asy-Syaikhain (Bukhari dan Muslim) meriwayatkan dari Abu Bakrah radhiyallahu 'anhu dia berkata:”Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyampaikan pidato kepada kami pada hari qurban. Beliau bersabda:”Sesungguhnya zaman itu berputar seperti bentuknya saat langit dan bumi diciptakan. Satu tahun ada 12 bulan, di antaranya ada empat bulan haram (mulia), tiga bulan berturut-turut, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, serta Rajab yang terletak antara Jumada (akhir) dan Sya’ban.”
Beliau bertanya,”Bulan apakah ini (sekarang)?”
Kami menjawab,”Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengtahui.”
Kemudian beliau terdiam sejenak sehingga kami mengira beliau akan memberikan nama lain. Beliau berkata,”Bukankah ini bulan Dzulhijjah?”
“Betul”,jawab kami.
Beliau bertanya,”Negeri apakah ini?”
Kam Kemudian beliau terdiam sejenak sehingga kami mengira beliau akan memberikan nama lain. Beliau berkata,”Bukankah ini negeri kalian?”
“Betul”,jawab kami.
Beliau bertanya,”Hari apakah ini?”
Kami menjawab,”Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengtahui.”
Kemudian beliau terdiam sejenak sehingga kami mengira beliau akan memberikan nama lain. Beliau berkata,”Bukankah ini hari qurban?”
“Betul”,jawab kami.
Beliau bersabda,”Sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan diri kalian adalah suci dan mulia seperti sucinya hari kalian ini, di negeri kalian ini, dan pada bulan kalian ini. Kalian akan menghadap Rabb (Allah), lalu Dia akan menanyakan amal-amal kalian. Ketahuilah, janganlah kalian menjadi kembali dalam kesesatan sepeninggalku, sehingga sebagian di antara kalian saling bunuh-membunuh. Ketahuilah, bukankah telah aku sampaikan ini semua?”
“Benar”,jawab kami.
“Ya Allah, persaksikanlah. Hendaklah yang hadir menyampaikan/mengabarkan kepada yang tidak hadir, bisa jadi yang dikasih tahu lebih paham dari yang memberi tahu”

Dalam suatu riwayat disebutkan, beliau bersabda dalam pidato itu,” Ketahuilah, tidaklah seseorang berbuat dosa kecuali akan berakibat pada dirinya sendiri. Janganlah seseorang berbuat dosa terhadap anaknya, dan tridak pula anak berbuat dosa terhadap orang tuanya. Ketahuilah, sesungguhnya syetan telah putus asa untuk disembah di negeri kalian ini selama-lamanya. Tetapi dia akan ditaati dalam kaitannya dengan amal-amal yang kalian remehkan, dan dia pun akan puas dengan hal ini.”
Pada hari-hari Tasyriq beliau berada di Mina untuk melaksanakan manasik haji lainnya (melempar jumrah dll) dan megajarkan syariat, berdzikir kepada Allah, menegakkan sunnah-sunnah suci dari ajaran Ibrahim 'alaihissalam. Beliau menghapus sisa-sisa kesyirikan dan panji-panjinya. Beliau juga berpidato pada salah satu hari dari hari-hari tasyriq ini.
Imam Abu Dawud meriwayatkan dengan sanad hasan dari Sira’ binti Nabhan, dia berkata,”Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menyampaikan pidato pada kami pada hari ar-Ru’us, beliau bersabda,”Bukankah ini adalah pertengahan hari-hari Tasyriq?”
Pidato beliau pada hari itu sama dengan pidato pada hari qurban. Pidato ini disampaikan setelah turunnya surat an-Nashr.
Pada hari nafar kedua atau tanggal 13 Dzulhijjah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melakukan nafar dari Mina hingga tiba di kaki bukit perkampungan Bani Kinanah. Beliau berada di sana menghabiskan sisa hari itu dan malam harinya. Jadi beliau shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib dan ‘Isya di sana, lalu tidur sejenak, untuk kemudian meneruskan perjalanan menuju Ka’bah dan melakukan thawaf wada’. Beliau juga memerintahkan para sahabat untuk melakukan thawaf tersebut.
Setelah seluruh manasik haji dilaksanakan, beliau memerintahkan untuk kembali ke Madinah, tanpa mengambil waktu untuk istirahat agar perjuangan ini terasa murni karena Allah subhanahu wa ta'ala dan di jalan-Nya.




0 comments:

Post a Comment

 
Siroh Nabawiyah © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top